Jumat, 12 Desember 2008

Mobile Supermarket


Semakin sesaknya perkotaan, menuntut bertambah luasnya wilayah pengembangan. Akibatnya daerah-daerah pinggiran kota kini sedikit demi sedikit mulai dipenuhi perumahan-perumahan baru. Perumahan atau pemukiman baru inilah yang membuka peluang bisnis, karena biasanya pemukiman baru dibangun jauh dari fasilitas public.

Salah satu kebutuhan yang paling dekat dengan anda adalah pasar (pasar tradisional) yang menyediakan kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan dapur. Itupun masih menyimpan kendala bagi masyarakat kota yang super sibuk dan tidak mempunyai banyak waktu untuk berbelanja di pasar.

Bentuk inspirasi peluang bisnis yang dapat anda aplikasikan salah satunya berkonsep menyediakan kebutuhan dapur mobile ala supermarket. Bahasa sederhananya “tukang sayur keliling”, tapi tidak tradisional. Anda bisa mengemas dalam kemasan kemasan paket atau siap masak, dengan kemasan yang menarik dan higienis. Misal paket kemasan sayur lodeh lengkap dengan santan, terong, kacang panjang dan seterusnya.

Untuk mobilitas anda bisa menyesuaian menggunakan mobil, kendaraan roda 3, atau mungkin gerobak semacam becak, tergantung jarak tempuh, besar kecilnya omset dan lain sebagainnya. Jangan sepelekan alat mobilitas seperti becak..!! Becak mempunyai keunggulan tersendiri, pertama murah, lebih praktis untuk gang-gang yang tidak terjangkau mobil, padat karya karena bagi anda yang mempunyai cukup modal sekaligus dapat mengelola beberapa armada.

Jika anda memilih armada mobil, keuntungannya jumlah dagangan yang dapat diangkut lebih banyak bahkan anda juga dapat membawa Galon Air mineral hingga gas elpiji, walaupun hanya sebagai pelengkap.

Untuk margin penjualan tentunya kita dapat memperoleh lebih besar. Coba bayangkan jika anda mesti pergi ke pasar, menuju pasar saja kita perlu naik ojek, atau jika megendarai kendaraan sendiri kita tetap mengeluarkan biaya bensin, parkir, biaya waktu dan yang paling mahal adalah biaya repot. Padahal mungkin belanjaannya tidak lebih dari 15 ribu rupiah. Sebagai pengelola kita diuntungkan, biasanya sekali berhenti maka 3-5 ibu-ibu langsung datang menghampiri.

Yang perlu dipersiapkan untuk bisnis ini secara garis besar dapat dibagi 2 bagian besar. Yang pertama unit produksi, dengan aktifitas belanja dan mempersiapkan produk serta pengemasan. Unit ini sangat menyita tenaga dan waktu. Yang kedua adalah unit distribusi.

Saya yakin bentuk bisnis seperti ini akan banyak mendatangkan keuntungan dan membuka harapan yang sangat cemerlang. Selamat mencoba…!!

3 komentar:

  1. Sip sip sip, saya sangat mengapresiasi tulisan anda.
    Tulis terus ide idenya berantas pengangguran mbah joss..!!!

    Bambang

    BalasHapus
  2. mbah Joss, bisa dong kasih ide buat saya yang tinggal di daerah..!! kapan-kapan saya posting potensi daerah saya..!!

    Maman Blitar

    BalasHapus
  3. boleh dech mba jos saya suplier sayur organiknya ....

    lumayan bersaing harganya . cek www.warungorganik.com

    BalasHapus