Senin, 08 Desember 2008

AWALI BISNIS DENGAN POSITIF




Ini adalah tulisan saya pertama di blog ini.

Pengalaman hidup saya yang bisa dikatakan telah banyak makan asam gram dan gula menjadikan saya tergelitik untuk menumpahkan pelajaran pelajaran penting seputar bisnis yang bisa kita mulai dari diri kita sendiri. Saya akan jabarkan dalam bentuk tulisan yang mungkin terkesan tidak sistematis dan cenderung mengalir, karena tidak semua orang suka membaca bentuk tulisan yang panjang.

Pertama lepaskan ketegangan pikiran, karena keadaan otak yang tegang cenderung membuat kita selalu berfikir dalam selubung kehawatiran dan tidak kreatif. Hal yang sangat lumrah ketika kita selalu terkungkung pada ketegangan pikiran, orang sukses selalu mengalami hal ini diawal awal rintisan bisnisnya, antara lain karena terlalu seringnya menemui kegagalan bisnis, terjepit hutang, kehabisan modal dan lain-lain. "Aku akan buat warung tenda Ah.." yang terjadi ketika kita dalam keadaan tegang pasti bukan harapan yang ada di depan mata kita, justru sebaliknya kita akan berfikir "Wah kalo warung tenda bisa dapat untung berapa ya..?, kerjanya musti malam hari, pasti capek.. Kalo jualan nggak laku gimana..? trus nanti kalo diganggu preman di jalan siap nggak ya..? wah jangan jangan nanti banyak oknum aparat yang minta bagian.." dan seterusnya. Maka sebelum kita lanjutkan silakan buang jauh jauh ketegangan itu selanjutnya bergembiralah dan mulailah berfikir dengan semangat. Tapi ingat rasa takut tetap kita gunakan tapi nanti, ada saatnya kita munculkan.




Kedua berlatih berfikir sederhana, jangan buat hal yang mudah menjadi sulit. Berlatihlah memandang sesuatu yang rumit menjadi sangat sederhana. Tapi ingat, itu bukan berarti


meremehkan sesuatu




Ketiga lihat potensi diri anda. Pada dasarnya manusia diberikan kemampuan hampir sama dengan manusia yang lain. So jangan khawatir dengan kelemahan yang anda miliki, karena orang lain mungkin juga memiliki kelemahan yang sama dengan anda, bahkan banyak yang lebih parah dari anda. Yang perlu anda kelola adalah kelebihan anda, dan hanya anda yang paling tau kelebihan anda.




Keempat lihat sekeliling anda. Apa kira kira yang bisa anda gunakan sebagai lahan bisnis anda. Kita tidak perlu melihat begitu jauh sehingga kita lupa dengan potensi-potensi bisnis yang ada di sekitar kita..




Kelima, pilih dari sekian banyak potensi di sekitar kita yang sesuai dengan kemampuan kita. Pilih yang paling mudah, yang profitnya banyak, yang modalnya ringan dan seterusnya..




Keenam, mulai dari sekarang dan lakukan dari yang paling mudah. Tekuni dan selalu jaga agar tetap gembira dan bersemangat. Selalu siap mendengar komentar-komentar miring yang tidak sepakat dengan ide kita dan lupakan yang mereka katakan. Seterusnya hingga usaha anda bisa berjalan walau belum menghasilkan profit. Lakukan terus pengembangan hingga bisnis anda dapat bertahan seiring berjalannya waktu..

1 komentar: